Real Vision

Nokia N95 versi modern untuk nostalgia segera muncul?

Sebelum Samsung berjaya Nokia adalah mobile phone yang menguasai pasar handphone dunia, termasuk di Indonesia. Memiliki HP Nokia rasanya bergengsi meskipun di masa jayanya ada saingan seperti Motorola, Ericsson yang kemudian muncul dengan nama Sony Ericsson. Munculnya Blackberry membuat Nokia akhirnya surut karena terlalu lama percaya diri dengan sistem operasinya, sedangkan Blackberry memiliki teknologi percakapan yang disebut Blackberry Messenger (BBM). 

Adanya fitur BBM menjadi gengsi baru para penggemar gadget dunia. Kini Nokia mulai sering melakukan remake terhadap produk lawasnya dengan fitur tambahan seperti WhatsUp dan kemampuan kamera yang lebih baik. 

Meskipun Nokia sempat meluncurkan Nokia 8 namun tidak bisa merebut hati penggila smartphone yang diserbu oleh Oppo, Xiaomi, dan tentu saja Samsung Galaxy, Huawei dan brand baru yang terus bermunculan. Sepertinya R & D maupun ahli marketingnya kurang tanggap dengan lompatan yang dilakukan oleh Xiaomi atau Samsung. 

Kini Nokia dikelola oleh HMD Global sedang mencoba melakukan strategi "baru" yang sebenarnya sudah lama dilakukan yaitu membuat ulang beberapa seri jadul dengan sentuhan teknologi terkini. Kalau anda pernah fanatik pada Nokia, maka anda pasti tahu ada Nokia N95 yang canggih dan keren pada jamannya. Barangkali di antara anda juga ingat ada Nokia Comunicator. Namun ketika itu belum sempat anda beli gara-gara anggaran belanja belum sampai meskipun ada penawaran dengan cicilan tetap. 

Jangan khawatir Nokia N95 5G sudah muncul di Internet, tepatnya di YouTube gara-gara Mr. Mobile mengunggah prototipe Nokia N95 versi modern atau kekinian. Menurut laporan cnnindonesia.com (9/11/2020), pada video itu Mr. Mobile memperlihatkan N95 nampak seperti Nokia 3.4 dengan camera housing berbentuk bulat dan tidak rata dengan bodi, serta dengan tiga kamera dan pemindai sidik jari di bagian belakang.

Concept design dari Nokia N95 5G 2020 yang muncul di Youtube (YouTube.com)

Menurut Chief Product Officer HMD Global Juho Sarvikas, desain Nokia 95 versi kekinian ini belum final. Teknologi yang digunakan pada produk remake ini seharusnya bisa memanjakan para penggila gadget. Mereka menuntut smartphone yang dipersenjatai dengan berbagai fitur menarik terutama kamera yang banyak fitur heboh dan bisa digunakan untuk bermain games terbaru. 

Sementara itu pricepony.com pada Mei 2020 yang lalu sempat memperkirakan bahwa Nokia N95 5G ini memiliki spek gahar dengan layar 6.9-inch atau 6.7-inch IPS LCD dengan resolusi 1080x2400 pixels. Sistem operasi yang akan digunakan adalah Android 10 dengan mesin gahar, yaitu prosesor chipset Qualcomm Snapdragon 865. 

Diperkirakan ada pilihan RAM 8GB atau 12GB dan memory internal 128GB/256GB, bahkan akan dipasang baterai dengan tenaga ekstra besar, berupa baterai 7200mAh, sehingga anda tidak perlu senewen kalau ketinggalan powerbank. 


Inikah smartphone Nokia yang anda inginkan? (pricepony.com)

Sektor kamera juga memukau karena diperkirakan akan dipersenjatai kamera dengan resolusi 108MP versi quad, sehingga pengguna yang ingin mendapatkan hasil bidikan kamera yang tajam untuk still photo dan video pasti puas. Sepertinya para content creator dan pecinta photo selfie pun ikut bergembira. 

Apakah Nokia N95 versi 2020 ini mampu menggoda pengguna Nokia dari era 90an sampai 2000an yang mungkin pernah menggunakan Nokia Lumia untuk mengganti smartphone yang kini mereka gunakan dengan Nokia versi terbaru ini untuk bernostalgia?

Jika Nokia ingin kembali berjaya, sebaiknya Nokia bisa membuat smartphone baru dengan harga yang tidak melawan tingginya harga Samsung Galaxy, Huawei atau iPhone yang memiliki versi high-end. Mungkin HMD Global yang kini memegang merek asal Finlandia ini harus belajar cara mengemas smartphone canggih seperti dilakukan oleh Xiaomi, Oppo, Realme atau merek lain, sehingga para pecinta smarphone lama dan baru siap melirik kehadiran Nokia N95. 

Comments

Fantastic

Popular posts from this blog

Canon rumors: Canon EOS 6D Mark II with Android

Special tips to choose the best lens for your DSLR camera

Free Text-to-Video Creators: Enhance Your Content with Visuals